RUN LOLA RUN

          Tom Tykwer merupakan seorang sutradara, penulis naskah, sekaligus komposer film asal Jerman. Film pertamanya ditayangkan pada tahun 1990 dengan judul Because yang merupakan film pendek. Sejak tahun 1990, Tom Tykwer telah berpartisipasi dalam pembuatan 13 film. Selain sebagai sutradara dalam pembuatan film-film tersebut, ia juga berkontribusi sebagai penuis naskah ataupun komposer.

          Salah satu film karya Tom Tykwer yang paling sukses di pasaran adalah film yang berjudul Run Lola Run yang diproduksi tahun 1998. Film ini berjanis thriller. Pemeran utama dalam film ini adalah Franka Potente dan Moritz Bleibtreu. Cerita pada film ini mengisahkan Lola (Franka Potente) yang harus berusaha dengan segala cara untuk mendapatkan uang 100.000 mark karena pacarnya, Manni (Moritz Bleibtreu) meninggalkan tas yang berisi uang sebanyak 100.000 mark hasil penyelundupan di dalam bus. Lola harus bisa mendapatkan uang tersebut dalam jangka waktu 20 menit dan tanpa kendaraan. Jika Lola tidak bisa mendapatkan uang tersebut, maka Manni akan dibunuh.

          Salah satu yang menarik dari film ini dalah alur ketika Lola sedang berusaha mendapatkan uang tersebut dibuat berulang tiga kali dengan cara yang berbeda-beda. Pada alur yang pertama, Lola berusaha meminta uang pada ayahnya yang bekerja di bank, namun tidak berhasil. Dalam alur ini Lola meninggal karena tertembak oleh polisi setelah merampok sebuah swalayan bersama Manni. untuk alur yang kedua Lola masih berusaha meminta uang pada ayahnya di bank, namun dengan pemaksaan sehingga akhirnya Lola berhasil mendapatkan uang tersebut. Namun demikian, uang tersebut tidak berarti ketika Lola menemui Manni yang tertabrak bus di jalan. Pada alur yang terakhir, Lola tidak meminta uang pada ayahnya, ia mencoba bertaruh di pusat perjudian di kotanya dan berhasil mendapatkan uang sebanyak 80.000 mark. Akhir dari alur yang terakhir ini tidak terduga karena akhirnya Manni juga mendapatkan kembali uangnya yang dibawa oleh penumpang lain di bus tempat Manni meninggalkan uangnya.
          Selain penggunaan alur yang berulang di atas, hal menarik lainnya yaitu beberapa bagian dari film ini dibuat dengan animasi kartun. Meskipun pada bagian yang menampilkan potongan masa depan orang yang bertemu dengan Lola ketika berlari agak membingungkan, namun film ini recomended untuk ditonton.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © Coretan Pena