MENGUAK KEBENARAN 2012


#bridgingcourse10

            Kalender Suku Maya yang menyebutkan bahwa pada tanggal 21 Desember 2012 akan terjadi kiamat memang membuat banyak orang ketakutan. Banyak orang yang mempercayai hal tersebut dan melakukan berbagai tindakan untuk mempersiapkan kiamat tersebut. Mereka yang mempercayai kiamat akan terjadi pada tanggal 21 Desember nanti terkadang melakukan tindakan di luar akal sehat manusia dan tidak memikirkan apakah ramalan itu benar akan terjadi atau tidak. Banyak diantara mereka yang berfoya-foya dan bersenang-senang menghabiskan harta mereka karena takut jika kiamat tiba nanti mereka tidak akan bisa menikmati hal semacam itu lagi.
            Meskipun banyak orang yang mempercayai begitu saja bahwa kiamat akan terjadi pada tanggal 21 Desember 2012, namun hal tersebut tidak terjadi pada Adam Maloof.  Ilmuwan geologi dari Princeton University ini tidak begitu saja mempercayai ramalan kelender Suku Maya yang menyebutkan bahwa dunia akan berakhir di tahun 2012 ini. Seperti yang terdapat pada film dokumenter berjudul 2012 The Final Prophecy, didalamnya berisi rekaman perjalanan Adam Maloof yang berusaha untuk mencari kebenaran tentang ramalan kalender Suku Maya tersebut.
            Dalam film 2012 The Final Prophecy ini Adam Maloof bekerja sama dengan ilmuwan dari Universitas lain untuk menguak fakta-fakta tentang peristiwa apa yang akan terjadi pada bulan Desember mendatang. Dalam menjalankan misinya Adam Maloof mendatangi tempat dimana Suku Maya pernah tinggal dengan didampingi oleh ilmuwan yang mempelajari tentang kebudayaan Suku Maya. Penelitian Adam Maloof di bekas tempat kediaman Suku Maya ini berusaha mengungkap apakah benar putaran kalender Suku Maya berhenti pada 21 Desember 2012 yang berarti berakhirnya dunia. Dengan penjelasan dari ilmuwan yang ahli dengan kebudayaan Suku Maya diketahui memang benar bahwa putaran kalender Suku Maya berhenti pada tanggal 21 Desember 2012. Berhentinya putaran kalender suku Maya pada tanggal 21 Desember tersebut bukan berarti berakhirnya dunia karena dari benda-benda dan catatan-catatan lain peninggalan Suku Maya ditemukan bahwa pada tanggal tersebut akan terjadi bencana yang hebat dikarenakan musim dan cuaca yang sangat buruk dan belum tentu merupakan akhir dunia.
            Tidak hanya meneliti di bekas tempat tinggal Suku Maya, dalam film tersebut Adam Maloof juga melakukan penelitian di puncak gunung es, juga meneliti tentang pergerakan lapisan bumi. Penelitiannya tentang pergerakan lapisan bumi mengungkap bahwa saat ini pergerakan lapisan bumi terjadi dalam waktu yang relatif singkat. Selain penelitian-penelitian di atas, pada film ini adam Maloof juga melakukan penelitian tentang perubahan musim dan pergerakan planet yang akan terjadi pada tanggal 21 Desember 2012  mendatang. Fakta menurut penelitian yang dilakukan oleh Adam Maloof mengungkapkan bahwa pada 21 Desember mendatang bukanlah akhir dunia, namun akan terjadi bencana yang dikarenakan perubahan cuaca dan musim yang buruk. Hal tersebut memang berpengaruh dalam kehidupan manusia, namun bukan berarti akhir dari kehidupan dunia.
            Film berjudul 2012 The Final Prophecy yang dirilis oleh National Geographic ini sangat berbeda jika dibandingkan dengan film 2012 yang digarap oleh Hollywood. Film ini lebih mengungkap fakta-fakta yang akan terjadi dan mengingatkan agar tidak mudah percaya dengan ramalan-ramalan yang belum tentu kebenarannya, sedangkan film 2012 versi Hollywood cenderung menggambarkan kajadian 21 Desember 2012 mendatang sebagai sesuatu yang menakutkan yang memicu perilaku manusia menjadi abnormal seperti yang telah disebutkan di atas. Sebagai individu yang terpelajar tentunya bisa memilih film mana yang harus ditonton dan film mana yang sebaiknya tidak ditonton.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © Coretan Pena