Korupsi? Hilang! #Bridgingcourse02


KORUPSI? HILANG!
#Bridgingcourse02
Industri periklanan di Indonesia saat ini semakin maju. Hal ini terbukti pada iklan-iklan yang ditayangkan pada saluran televisi maupun di media lainnya. Hampir sebagian besar elemen masyarakat menggunakan iklan sebagai media untuk promosi maupun sebagai media soaialisasi. Tampilan iklan-iklan yang ditayangkan di media sangat beragam, ada yang membosankan, biasa-biasa saja, serta ada pula yang sangat kreatif dan mampu mempengaruhi para penikmat media. Beragamnya tampilan iklan yang ada di media sekarang ini tak lepas dari peran para pembuat iklan. Tingkat kreatifitas para pembuat iklan juga sangat berpengaruh terhadap menarik atau tidaknya iklan tersebut. Iklan yang menarik akan cepat mempengaruhi para penikmat media, namun tampilan iklan yang kurang menarik kurang bisa mempengaruhi para penikmat media bahkan cenderung diabaikan. Iklan-iklan yang menarik tentunya dibuat oleh pembuat iklan yang kreatif. Kekreatifan tersebut tidak datang dengan sendirinya, butuh kerja keras dan pengalaman dari pembuat iklan agar dapat membuat dan menampilkan iklan-iklan dalam kemasan yang ringan namun tetap menarik perhatian dan menghibur para penikmat media. Iklan yang menari tidak hanya dilihat dari tampilannnya saja melainkan juga dilihat ari isi dan mankna iklan tersebut, contoh iklan yang menarik dari segi tampilan, isi dan maknanya adalahklan susu balita Nutrilon dan iklan susu balita Bebelac serta iklan rokok Djarum 76. Namun demikian ada pula iklan yang secara tampilan menarik namun isi dan manknanya tidak menarik, contohnya iklan salah satu produk makanan ringan dari Real Good. Ada juga iklan yang sebenarnya menarik, namun arena penayangannya di media televisi diulang-ulang maka membuat para penikmat televisi cepat bosan dengan iklan tersebut.
Telah disebutkan di atas iklan yang menarik adalah iklan yang mampu mempengaruhi dan menarik perhatian para penikmat media. Iklan-iklan tersebut juga dapat menghibur para penikmat media. Salah satu contoh iklan di media telavisi yang ringan, menarik, serta dapat menghibur para penikmat media adalah iklan produk rokok Djarum 76. Iklan produk tersebut tampil dalam berbagai versi yang berkesinambungan. Tokoh utama dalam iklan tersebut, Paijo, mampu menhadirkan tawa para penontonnya pada saat melihat iklan tersebut. Kemasan tampilan iklannya pun menarik, dengan gaya Paijo sebagai orang Jawa yang mengenakan kejawen mampu membuat iklan tersebut terkesan beda dari iklan produk rokok lainnya. Tingkah laku Paijo yang setiap kali tampil selalu mengundang tawa serta terlihat konyol dan terkesan sak-sake menjadi daya tarik tesendiri bagi para penikmat televisi. Latar tempat yang digunakan untuk iklan yang berbeda pada setiap versinya membuat para penikmat televisi tidak bosan ketika melihat iklan tersebut karena selalu ada versi yang berbeda. Isi dari iklan yang tidak menamplkan kalimat-kalimat promosi juga menjadi nilai plus terhadap iklan tersebut. Pada iklan Djarum 76 ini kalimat-kalimat promosi produk rokok Djarum 76 hanya terdapat pada bagian akhir iklan. Kemasan yang demikian mampu mangambil alih perhatian penonton dan  membuat penonton yang baru pertama kali melihat iklan tersebut melihat dan memperhatikan iklan tersebut. Isi dari iklannya pun berbeda pada setiap versi yang dibuat. Ada versi yang menampilkan isi katika Paijo menjadi seorang jin dan memberi tiga permitaan pada mereka yang menemukannya. Ada juga versi yang mengambil isi tentang korupsi di Indonesia dengan tetap menampilkan Paijo sebagai seorang jin. Dari versi yang mengambil isi tentang korupsi di Indonesia adegan-adegan yang ditampilkan juga sangat menghibur, contohnya pada versi iu adegannya adalah adu kekuatan para jin, jin-jin lain selain Paijo mengunggulkan kekuatannya untuk menghilangkan barang-barang yang besar-besar, sedangkan Paijo hanya menhilangkan kertas-kertas di dalam kardus dan berkata “kasus korupsi? Hilang!”. Hal-hal yang mengundang tawa seperti itu akan menarik perhatian para penonton labih banyak daripada ilan yang hanya monoton tanpa ada selingan jokenya.
Di Indonesia sekarang ini banyak iklan-iklan yang menarik. Namun definisi menarik tidak akan sama pada setiap orang yang melihatnya. Iklan-iklan yang berisi ringan, mudah dicerna juga merupakan indikator iklan yang menarik bagi sebagian orang. Iklan seperti iklan Djarum 76 sebagian besar isinya ringan namun ada juga yang memerlukan pemikiran untuk dapat mencerna maksud iklan tersebut. Hal tersebut juga bisa menjadi sisi positif dari iklan tersebut, dengan perlunya sdikit pemikiran saat melihat iklan tersebut jika sekali melihat tidak dapat mencerna maksud dari iklan tersebut maka penonton akan menunggu untuk melihat iklan tersebut tayang lagi.
Dari uraian-uraian di atas dapat dikatakan bahwa kreatifitas penulis iklan sangat diperlukan dalam pembuatan iklan. Iklan yang menarik mampu menjadikan para penikmat media untuk melihat, memperhatikan, atau membaca iklan tersebut, serta tidak membuat para penikmat media cepat bosan ketika melihat, mendengar atau membaca iklan tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © Coretan Pena